Jumat, 24 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Logistik / Berita

HUBUNGAN INDUSTRIAL
Jumat, 04 Agustus 2017 11:52 WIB

Hari Kedua Mogok, SP JICT Tetap Dicuekin, Pelayanan Kapal Normal 




Bisnisnews.id-Hari kedua aksi mogok kerja Serikat Pekerja Jakarta International Countainer Terminal (SPJICT) terus berlangsung, namun pihak manajemen tetap "cuek" dan membiarkan para karyawan yang memilih mogok melanjutkan aksinya. Ditengah aksi mogok kerja itu, pelayanan kapal tetap berjalan normal di empat terminal.

Para karyawan yang ikut ikut mogok bersama SPJICT msih berharap ada ruang bagi mereka untuk melakukan negosiasi, namun pintu itu seperti sudah tertutup. Pihak manajemen tetap memilih mengalihkan seluruh kapal yang masuk ke terminal lain di Tanjung Priok di luar JICT.

Direktur Lalulintas Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Bay M Hasani mengatakan, aksi mogok dan menyampaikan pendapat di muka umum adalah hak pekerja. Namun pemerintah juga berkepentingan untuk memperlancar pelayanan.

"Karena itu hasil koordinasi disepakati bersama seluruh kapal yang masuk ke JICT dialihkan ke empat terminal  yang telah disiapkan. Biarkan aksi berlangsung, tapi layanan bongkar-muat tetap berjalan normal," kata Bay.

Soal potensi kerugian yang akan diderita pihak manajemen JICT, adalah masalah internal. "Buat kami yang penting pelayanan tetap berjalan tanpa ada halangan," jelas bay.

Nyatanya, sampai hari kedua, pelayanan kapal tetap berjalan normal dan tidak ditemukan adanya hambatan signifikan di lokasi. Setidaknya, sampai 10 Agustus 2017, akan masuk sebanyak 20 kapal, yang pelayanannya dibagi ke empat terminal.

"Silahkan saja mereka melanjutkan aksinya," kata Bay.

Terkait aksi mogok kerja itu, Wakil Direktur PT JICT Riza Erivan mengatakan mereka yang ikut aksi mogok lanjutan makin berkurang, karena sejumlah karyawan lebih memilih bekerja dan meninggalkan aksi mogok bersama SPJICT.

Kata Riza, makin berkurangnya karyawan yang ikut aksi mogok terlihat dari surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai. Pihak manajemen sejak 1 Agustus 2017 telah mengedarkan surat bagi karyawan yang tetap bekerja untuk menandatangani surat edaran dan pihak manajemen berjanji akan melindunginya secara hukum.

Ada tiga hal penting yang termuat dalam surat edaran itu. Pertama manajamen memberikan surat pernyataan kepada pekerja yang isinya berkaitan dengan akan ikut mogok atau bekerja.

Kedua, bagi pekerja yang ingin menandatangani surat pernyataan bisa menyerahkan formulirnya ke manajemen mulai 1 Agustus sampai 2 Agustus 2017 pukul 06.00 WIB.

Ketiga, manajemen akan memberikan perlindungan hukum terhadap pekerja JICT yang menandatangani surat pernyataan tidak ikut mogok dan tetap bekerja.

Direksi memberikan apresiasi terhadap sikap dan sportif pekerja yang mendukung operasional perusahaan. "Mereka yang mau bekerja ini tahu hak dan kewajibannya," kata Riza dalam keterangan tertulisnya.

Direksi JICT berharap para pekerja kembali menjalankan aktivitas dan meningkatkan produktivitas perusahaan, karena aksi mogok kerja yang dilakukan SP JICT ini tidak hanya merugikan ekonomi negara dan pemegang saham, yang notabene adalah BUMN, namun juga pekerja.

Jika perusahaan rugi dampaknya juga tidak baik bagi pekerja. "Penghasilan mereka dapat berkurang. Hentikan aksi mogok itu dan kita sama-sama bekerja keras lagi," jelasnya. (Anggraeni/Syam S)

Baca Juga

 

Arena  -  Jumat, 24 November 2017
TENIS
TEZ Open 2017 > Justin/Christo vs Moritani/Takeuchi, Duel Seteru Lama

Bisnisnews.id - Ganda Indonesia, Justin Barki (17)/Christopher Rungkat (27) melaju ke babak semi final seri pertama TEZ Tennis Open 2017 yang berlangsung di lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Kamis (23/11). . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 24 November 2017
SEPAKBOLA
Timnas Indonesia Siap Tempur Hadapi Guyana

Bisnisnews.id - Gelandang Timnas Indonesia, Muhammad Hargianto mengaku ia dan teman-teman sudah siap menghadapi Guyana dalam laga uji coba internasional di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Sabtu (25/11/2017). Pemain asal klub . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 23 November 2017
CATUR
PB PERCASI Optimis Lahirkan Grand Master Muda

Bisnisnews.id - Sebanyak dua belas pecatur Junior akan dikirim untuk mengikuti Kejuaraan Catur ASEAN Age Group yang akan berlangsung di Pahang, Malaysia 25 November hingga 4 Desember 2017.Hal ini disampaikan oleh Humas Pengurus . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 23 November 2017
SEPAKBOLA
Rp 1 Juta Harga Awal Lelang Jersey Timnas Choirul Huda

Bisnisnews.id -  Pertandingan uji coba tim nasional Indonesia versus Guyana akan didedikasikan secara khusus oleh PSSI untuk legenda penjaga gawang Persela Lamongan, Choirul Huda. Laga yang berstatus “FIFA A Match” . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 23 November 2017
ASIAN GAMES 2018
Sri Mulyani Tampak Lega dengan Hasil Renovasi SUGBK

Bisnisnews.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani terlihat sangat lega melihat progres Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang kini progresnya telah mencapai 97%. Hal tersebut menjadi jawaban atas keseriusan Indonesia . . .
Selengkapnya